Contoh Pidato | Naskah Pidato | Teks Pidato | Tulis Pidato

Pidato Islami: Mencari Ilmu

Baca Pidato ~ Alhamdulillahi ‘ala ni’matil islam wal iman wal hidayah, wa kafa biha ni’mah, allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammad dibni ‘abdillah, wa ‘ala alihi wa shahbihi wa mawwalah, lahaula wala quwwata illa billah, amma ba’du.

 
Yang terhormat ketua muhadharah

Para alim ulama yang saya hormati dan taati
Para ustadz dan ustadzah yang saya muliakan
Dan teman-teman sekalian yang berbahagia
 
Mengawali pertemuan kita pada hari ini, pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan nikmat-Nya kepada kita semua, sehingga kita bisa bertatap muka di tempat yang indah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad saw, sebab  jasa  beliaulah kita bisa membedakan antara  yang  hak  dan  yang  bathil,  antara yang  halal  dan  yang haram,  antara  jalan menuju  surga  dan jalan  menuju  neraka.

Hadirin dan hadirat yang di rahmati Allah !

Selanjutnya, tidak lupa saya sampaikan banyak terima kasih kepada  saudara  pimpinan yang telah  memberikan kesempatan kepada saya untuk berpidato di hadapan hadirin sekalian. Pada kesempatan kali ini saya akan berbicara dengan  mengambil  tema: "MENCARI ILMU".

Hadirin dan hadirat yang di rahmati Allah !

Ketahuilah saudara-saudara sekalian, bahwa mencari ilmu itu hukumnya adalah wajib bagi kaum muslimin dan muslimat. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw di dalam hadisnya: 

“Mencari ilmu iiu wajib bagi orang Islam laki-laki dan perempuan."

Kenapa Rasulullah saw mewajibkan umatnya untuk mencari ilmu? Karena ilmu adalah sangat   penting bagi kehidupan manusia di dunia ini. Dengan ilmu, kita akan bisa menundukkan seluruh  makhluk Allah yang ada di dunia ini. Kita bisa menguasai gunung,  bintang,  bulan,langit, tumbuh-tumbuhan dan binatang buas sekalipun. Dengan ilmu pula,  kita  bisa  memimpin dunia, memimpin   seluruh makhluk hidup, dan dengan ilmu kita akan menjadi makhluk yang terbaik di antara makhluk   Allah. Tetapi jika kita tidak berilmu, kita akan menjadi bodoh, tidak tahu apa­apa di dunia ini dan  pada akhirnya kita menjadi makhluk  yang paling jelek dan paling rendah.

Saudara sekalian seakidah !!

Sebagaimana saya sebutkan di awal, bahwa ilmu pengetahuan adalah sangat  penting dalam hidup ini, karena dengan ilmu pengetahuan kita akan mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, barangsiapa saja yang menghendaki bahagia di dunia, maka harus  menguasai ilmu dunia, begitu juga siapa saja yang menghendaki bahagia di akhirat, juga harus  dengan ilmu. Sebagaimana  sabda Nabi:

"Barangsiapa yang menghendaki dunia maka hendaklan ia berilmu, dan barangsiapa yang menghendaki akhirat maka hendaklah ia berilmu dan barangsiapa yang menghendaki keduanya, hendaklah ia berilmu."

Dari keterangan hadis ini kita bisa menyimpulkan, betapa pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia. Karena ilmulah manusia akan tinggi derajatnya di sisi Allah, dan Allah akan mengangkat derajat  orang yang berilmu ke beberapa tingkat. Sebagaimana firman-Nya dalam surat AI Mujadalah ayat 11:

"....Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang berilmu di antara kamu, dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa tingkat." (QS. Al Mujadilah: 11)

Hadirin-hadirat yang berbahagia !

Karena ilmu pula yang membedakan manusia dengan hewan. Begitu pentingnya ilmu bagi  kehidupan manusia, Allah mengisyaratkan dalam Al Qur'an bahwa pada wahyu pertama, kata yang  pertama dipakai adalah kata ‘IQRA', yang artinya bacalah. Membaca adalah cara untuk  mendapatkan ilmu, tanpa mau membaca seseorang akan sulit mendapatkan ilmu.

Sebagai manusia, kita memiliki akal atau intelegensi. Dengan akal inilah kita dapat mencari ilmu pengetahuan, yang mana akan menjadikan kita berbeda dengan binatang.  Makhluk-makhluk  lain seperti flora dan fauna tidak mampu mencari ilmu, karena mereka tidak berakal. Itulah sebabnya  manusia lebih unggul ketimbang makhluk lainnya. Misalnya manusia dapat menaklukkan semua makhluk  di dunia  ini seperti  gunung-gunung yang besar, pohon­pohon raksasa, hewan-hewan buas, planet-planet dan lain-lain.

Hadirin yang berbahagia !

Dapat kita bayangkan, jikalau kita tidak memiliki ilmu, maka kita akan sama  derajatnya dengan   makhIuk lain, atau bahkan mungkin lebih hina. Menuntut ilmu adalah tidak ada batasannya, baik oleh waktu ataupun tempat. Sebagaimana sabda Nabi:

"Carilah ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat."

Dan sabda beliau:

"Carilah ilmu walau sampai ke negeri Cina."

Islam memerintahkan kita mencari ilmu, selama nyawa masih dikandung badan. Tidak ada alasan  untuk tidak mencari ilmu, karena dengan ilmu manusia akan bahagia baik di dunia maupun di akhirat, hanya  orang-orang  yang tidak waraslah yang tidak mau menuntut ilmu. 
                                                               
Hadirin yang berbahagia !

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua. Akhirnya saya mohon maaf, jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati. Billahit taufiq walhidayah ‘Wassalamu alaikum wr. wb.

Oleh :
Drs. Moh. Syamsi Hasan
Drs. Moh. Amer Nasihin
Moh. Toha Munir, S.Hum
 
Labels: Pidato Keagamaan

Thanks for reading Pidato Islami: Mencari Ilmu. Please share...!

0 Comment for "Pidato Islami: Mencari Ilmu"

Back To Top