Contoh Pidato | Naskah Pidato | Teks Pidato | Tulis Pidato

Pidato Islami: Tolong Menolong Dalam Kebaikan

Baca Pidato ~ Alhamdulillahil wahidil ahad, aladzi lam yalid wa lam yuulad wa lam yakullahu kufuwwan ahad, ahmaduhu subhanahu wata’ala wa asykuruhu, allahumma sholli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala alihi wa ash habihi wa man tabi’ahum ila yaumil qiyamah, amma ba’du.


Yang terhormat pimpinanan Muhadlarah

Yang terhormat para pembicara

Hadirin dan hadirat yang dimuliakan Allah
 
Segala puji hanya milik Allah, yang telah mengutus seorang Rasul dengan membawa petunjuk dan agama yang hak. Shalawat dan salam mudah-mudahan tetap dilimpahkan kepada junjungan Nabi kita Muhammad saw dan keluarganya, para sahabat serta pengikutnya sampai hari kiamat.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia

Sebelum saya mulai berpidato di hadapan saudara-saudara sekalian, terlebih dahulu marilah kita memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah swt yang telah memberikan nikrnatnya kepada kita  semua, yaitu nikmat iman, Islam dan kesehatan, sehingga pada kesempatan ini kita bisa berkumpul   dan bersilaturrahmi di tempat yang berkah ini. Selanjutnya tak lupa saya ucapkan banyak terima  kasih kepada saudara protokol yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berpidato di hadapan saudara­saudara sekalian. Adapun tema yang saya sampaikan adalah: "TOLONG MENOLONG DALAM KEBAIKAN".

Saudara seiman dan seakidah !

Sesungguhnya agama Islam memerintahkan kepada umatnya untuk berlaku adil, dan selalu berbuat kebajikan kepada siapa saja. Sebaliknya Islam melarang kepada  umatnya berbuat zalim dan aniaya terhadap orang lain. Agama Islam mendidik kepada setiap orang yang beriman, dengan ajakan  mentaati perintah-perintah Allah dan selalu menjalankan kebajikan. Diperintahkan kepada setiap orang Islam untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan, dan melarang tolong menolong dalam kemaksiatan. Dalam kaitan ini Allah berfirman:

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran." (QS. Al Maidah: 2).

Ayat ini menjelaskan kepada kita, bahwa Allah memerintahkan kepada hambanya yang beriman   agar saling tolong menolong dalam hal yang postif, dan melarang segala bentuk tolong menolong dalam  hal yang negatif,  seperti  permusuhan yang pada akhirnya mendatangkan dosa. Ibnu Jarir berkata: "Yang dinamakan dosa adalah jika meninggalkan sesuatu yang di perintahkan oleh Allah. Sedangkan arti permusuhan adalah melampaui batas-batas yang telah digariskan oleh Allah dalam agama dan melampaui apa yang telah diwajibkan oleh Allah atas setiap individu."

Hadirin yang berbahagia !

Nabi saw bersabda dalam kaitannya dengan tolong-menolong dalam kebaikan:

"Dari Abdurrahman Zaid bin Khalid Al-Juhaini ra ia barkata, sesungguhnya Nabi Muhammad saw bersabda: 'Barangsiapa mempersiapkan sesuatu untuk berperang di jalan Allah, maka seeungguhnya ia telah berperang dijalan Allah, dan barangsiapa yang menjagakan hak milik orang yang sedang berjuang dengan baik berarti ia telah ikut berjuang." (HR. Bukhari dan Muslim).

Segala sesuatu yang menjadi keperluan dan kepentingan perjuangan di jalan Allah, maka melaksanakannya termasuk dalam perjuangan, sebagaimana perjuangan membutuhkan ketenangan rumah tangga dan keluarganya, oleh sebab itu orang yang  membantu menjaganya   dengan baik mendapat pahala sebagaimana pahala pejuang tersebut.

Demikianlah ungkapan ajakan kepada kebaikan dan ketaatan yang mana di dalamnya memuat ajakan kepada orang Islam untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan ketaatan kepada  Allah, serta saling menasehati antar sesamanya dalam hal kebaikan, yang pada akhirnya dapat  menjadikan istiqamah dalam menjalankan perintah Allah, dan mendapatkan balasan baik di hari kiamat. Maka barangsiapa yang senang menjadi orang yang paling mulia, hendaklah bertakwa  kepada Allah, baik terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi, dan hendaklah menyebarkan kebajikan kepada masyarakat, dan mengekang berbagai macam kezaliman dan permusuhan. Dengan cara yang lurus ini, maka umat Islam akan hidup bahagia di dunia dan  di akhirat.

Demikianlah uraian dari saya, mudah-mudahan bermanfaat bagi  kita semua. Ada kurang lebihnya   saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhirnya, billahit taufiq wal hidayah, wassalamu ‘alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Oleh :
Drs. Moh. Syamsi Hasan
Drs. Moh. Amer Nasihin
Moh. Toha Munir, S.Hum
 
Labels: Pidato Keagamaan

Thanks for reading Pidato Islami: Tolong Menolong Dalam Kebaikan. Please share...!

0 Comment for "Pidato Islami: Tolong Menolong Dalam Kebaikan"

Back To Top