Contoh Pidato | Naskah Pidato | Teks Pidato | Tulis Pidato

Pidato tentang Mensyukuri Nikmat Mendatangkan Rahmat

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah wa syukrulillah wa sholatu wa sallamu ‘ala rasulillah sayyidina wamaulana Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa mawwalah, amma ba’dah.


Kepada yang terhonnat para alim ulama, para pejabat pemerintah baik sipil maupun militer, para ustadz dan ustadzah, para bapak, ibu, hadirin dan hadirat yang saya muliakan :

Mengawali pertemuan ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat kepada Allah swt. Tuhan sekalian alam. Shalawat dan salam, semoga senantiasa  dilimpahkan  kepada  junjungan Nabi besar Muhammad saw yang telah menunjukan kita pada jalan yang lurus, jalan yang menuju kebahagiaan dan keselamatan hidup di dunia dan akhirat.

Saudara, hadirin dan hadirat sekalian yang saya muliakan.

Bersyukur menjadi sebuah kewajiban bagi kita, sebagai orang yang beriman. Karena tak ada barang sedetikpun dari hidup yang kita lalui terlepas dari nikmat Allah swt. Bukankah setiap saat, setiap menit, bahkan setiap detik, kita selalu memanfaatkan  dan menikmati fasilitas serta anugerah Allah swt. Tanpa anugerah dan fasilitas dari Allah itu, dapatkah jantung kita berdetak, darah kita mengalir, mata kita melihat, telinga kita mendengar? Betapa besar anugerah dan nikmat Allah dari mulai yang terkecil sampai yang besar, dari yang terlihat mata maupun yang tak terlihat, yang hanya dapat dijangkau dan dijamah oleh rasa dan mata hati. Andai kita mencoba untuk menghitung anugerah dan nikmat Allah, tentu kita tidak akan mampu menghitungnya.  Allah swt berfirman:

"Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya. (QS. An Nahl: 18)

Begitu besar dan banyaknya nikmat dan Karunia Allah swt yang diberikan kepada kita, maka kita hanya dapat memuji syukur, mensucikan dan mengagungkan atas kemaha besaran dan kemaha murahan Allah swt, menfungsikan kenikmatan itu menurut apa yang dikehendaki-Nya serta beribadah kepada-Nya.

Ungkapan rasa syukur menjadi begitu penting yang harus senantiasa ditumbuhkan dan dijaga dalam diri. Sebab dengan bersyukur, kita akan selalu ingat kepada yang memberi, serta untuk apa seharusnya  kenikmatan itu digunakan. Sehingga kita tidak salah dalam menggunakan kenikmatan yang telah diberikan kepada kita. Yaitu menggunakan  dan menfungsikan kenikmatan dan anugerah Allah swt itu pada misi kebaktian dan ketaatan sesuai dengan yang dikehendaki Allah, agar Ia ridha dan semakin menambahkan  anugerah dan kenikmatan kepada kita.

Allah swt menegaskan dalam firman-Nya:

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7)

Ayat tersebut jelas-jelas menyatakan bahwa sungguh Allah akan menambah kenikmatan kepada orang yang mau mensyukuri nikmat Allah swt yang telah dianugerahkan kepadanya secara benar. Sungguh tak bermoral dan tak tahu diri, orang yang tidak mau bersyukur kepada Allah swt. Apalagi, sebagaimana telah kita ketahui bahwa sesungguhnya manfaat dari sikap bersyukur itu akan kembali kepada orang yang bersyukur itu sendiri, dan sedikitpun Tuhan tidak akan mengambil keuntungan dan tidak pula mendapatkan kerugian dari sikap hamba-Nya, apakah dia bersyukur atau bahkan justru sebaliknya.
                  
Oleh sebab itu, sebagai makhluk yang dha'if, kita harus pandai­pandai bersyukur dan mengabdi serta beribadah hanya kepada Allah swt selalu memohon pertolongan kepada-Nya. Pengabdian dan penghambaan  kita kepada-Nya harus dilaksanakan dengan ikhlas hanya karena Allah swt  semata. Allah berfirman:

"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan menunaikan  ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus." (QS. Al Bayyinah: 5)

Dengan begitu, perasaan syukur itu tumbuh secara dalam, yang selanjutnya akan merefleksi pada  tingkat kematangan ritual dan perilaku sosial dalam realitas kehidupan sehari-hari.

Marilah kita terus menerus berusaha mensyukuri segala nikmat dan karunia Allah yang telah dicurahkan   kepada  kita dengan seoptimal  mungkin. Kita gunakan umur kita, harta benda kita, kesehatan dan kemampuan yang kita miliki untuk berbakti kepada Allah, memberikan  kemaslahatan  pada diri sendiri,  keluarga, dan masyarakat. Bersyukur yang benar sesuai dengan fungsi  dan tujuan  nikmat  itu diberikan,  yaitu  untuk ketaatan  dan kebaktian kepada  Allah. Secara tegas Allah memberikan jaminan dengan memberikan tambahan anugerah dan kenikmatan yang lebih baik, serta kelak memperoleh  kebahagiaan  di akhirat dan terhindar dari siksa neraka.

Saudara, hadirin sekaliaan yang saya muliakan !

Demikianlah, pidato yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga  kita bernar-benar  menjadi  muslim yang pandai mensyukuri nikmat Allah. Sehingga Dia akan semakin menambah nikmat-Nya   kepada kita, amin ya rabbala'lamiin,  akhirnya  terima kasih atas perhatiannya  dan  mohan maaf atas segala kesalahan dan kekhilafannya.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Oleh :
Drs. Moh. Syamsi Hasan
Drs. Moh. Amer Nasihin
Moh. Toha Munir, S.Hum
 
Labels: Pidato Keagamaan

Thanks for reading Pidato tentang Mensyukuri Nikmat Mendatangkan Rahmat. Please share...!

1 Comment for "Pidato tentang Mensyukuri Nikmat Mendatangkan Rahmat"

Back To Top