Contoh Pidato | Naskah Pidato | Teks Pidato | Tulis Pidato

Pidato Islami: Takwa Sebaik-Baik Bekal Hidup Dunia Akhirat

Baca Pidato ~ Alhamdulillahil wahidil ahad, aladzi lam yalid wa lam yuulad wa lam yakullahu kufuwwan ahad, ahmaduhu subhanahu wata’ala wa asykuruhu, allahumma sholli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala alihi wa ash habihi wa man tabi’ahum ila yaumil qiyamah, amma ba’du.

 
Yang terhormat ketua muhadharah
 
Yang terhormat para pembicara
 
Saudara-saudara sekalian yang saya cintai
 
Untuk mengawali pidato saya, marilah kita bersama-sama memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan nikmat-Nya kepada kita semua, yang tidak akan mampu kita menghitungnya, Shalawat dan salam semoga tetap atas junjungan Nabi kita yang agung Muhammad saw yang telah menjadi utusan Allah untuk  menyampaikan berita gembira dan peringatan serta rahmat bagi umat manusia di dunia ini.

Kemudian tidak lupa saya ucapkan banyak terima kasih kepada saudara protokol yang telah memberikan  kesempatan  kepada  saya untuk menyampaikan  pidato di hadapan saudara-saudara sekalian dengan mengambil sebuah tema: “TAKWA SEBAIK-BAIK BEKAL HIDUP DUNIA AKHIRAT”.

Saudaraku seiman dan seakidah !

Kita telah sama-sama tahu bahwa kita hidup didunia ini untuk melakukan ketaatan terhadap perintah-perintah Allah dan Rasul­Nya, dan menjauhi segala bentuk larangan-larangan-Nya agar kita selamat di dunia dan di akhirat kelak.

Hadirin yang berbahagia !

Sudah berapa banyak kejelekan dan kemaksiatan yang kita lakukan? Dan sudah berapa banyak dosa yang kita tanggung? Sementara kita tidak menyadari dan tidak mau memohon ampun kepada Allah, sehingga kita menjadi orang yang rugi dan celaka. 

Oleh karena itu kita harus bertobat dengan sungguh-sungguh, agar kita selamat dari siksa Allah yang sangat pedih, sehingga kita menjadi orang yang beruntung di dalam hidup kita, baik hidup di dunia maupun di akhirat.

Inilah tujuan yang paling fondamental dalam hidup kita yang setiap saat dan setiap waktu kita minta kepada Allah swt. Allah tidak menciptakan manusia di dunia ini kecuali diperintah untuk mengabdikan diri kepada-Nya. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam kitab sud Al Quran surat Adz Dzariyaat ayat 56:

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku." QS. Adz Dzariyaat: 56).

Maka apalah arti hidup ini, jika kita tidak mengabdikan diri kepada Allah swt? Tentu tidak berarti sama sekali. Oleh karena itu, dalam hidup ini hendaklah kita mencari bekal untuk akhirat dengan iman dan takwa, karena sebaik-baik bekal untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat adalah takwa. Sebagaimana firman Allah:

"Berbekallah, sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa ... " (QS. Al  Baqarah: 197). 

Kenapa takwa, menjadi bekal yang paling baik untuk akhirat? Karena orang yang takwa selalu berperilaku baik, dan selalu mengerjakan amal shaleh yang berguna dan bermanfaat bagi dirinya sendiri, juga bagi orang  lain, dan selalu menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang jelek yang membahayakan dirinya dan orang lain. Ini semua adalah pengaruh dari takwa  kepada Allah swt.
Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah !

Jika salah seorang di antara manusia ditanya, pilih manakah antara bahagia dan sengsara? Pasti mereka menjawab dan memilih bahagia.Tetapi bagaimana perilaku mereka hidup di dunia ini? Mereka selalu menuruti hawa nafsunya hingga melampaui batas-batas yang telah digariskan oleh Allah. Oleh karena itu, jika kita ingin menjadi  orang yang beruntung, hendaklah bertakwa kepada Allah. Karena dengan takwa, akan menjadikan orang selalu beramal yang diridhai Allah swt. Hendaklah saudara-saudara sekalian bertakwa kepada Allah, semoga Allah memberikan petunjukNya kepada kita semua pada jalan yang lurus, sehingga kita mendapatkan kebahagiaan dalam hidup ini, dan mendapatkan derajat yang tinggi diakhirat nanti, amin.

Barangkali inilah, apa yang dapat saya sampaikan di hadapan saudara-saudara sekalian, jika ada kesalahan dan kekurangannya dari kata-kata saya, saya mohon maaf yang sebanyak-banyaknya.

Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

Oleh :
Drs. Moh. Syamsi Hasan
Drs. Moh. Amer Nasihin
Moh. Toha Munir, S.Hum
 
Labels: Pidato Keagamaan

Thanks for reading Pidato Islami: Takwa Sebaik-Baik Bekal Hidup Dunia Akhirat. Please share...!

3 Comment for "Pidato Islami: Takwa Sebaik-Baik Bekal Hidup Dunia Akhirat"

Semoga pidato tentang takwa nya menjadi amal sholeh buat penulis dan semua yang membantu menyebarkan.

Back To Top