Contoh Pidato | Naskah Pidato | Teks Pidato | Tulis Pidato

Pidato Sambutan Pada Hari Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus

Baca Pidato ~ Di bawah adalah Isi Pidato Singkat Pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.


Saudara-saudara sebangsa dan setanah air !

Pada hari yang cerah ini kita semua bangsa lndonesia memperingati salah satu hari besar Nasional, yaitu Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke...........

Untuk itulah sangatlah patut kita semua memanjatkan rasa syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat yang telah diberikan kepada kita semua bangsa Indonesia yang berupa kemerdekaan dari cengkeraman bangsa penjajah selama 300 tahun lebih atau tiga tiga abad lamanya.

Dalam memperingati HUT Proklamasi yang ke ........ maka berarti kita telah menikmati kebebasan dan kemerdekaan selama ......... tahun.

Dilihat dari segi perjuangan negara kita sejak dizaman purbakala, masa ............. tahun sungguh tidak berarti dan hanya merupakan selintas dalam perjalanan sejarah, tapi apabila hal ini ditinjau dari segi perkembangan generasi maka ............ tahun adalah suatu masa dimana kita telah meningkat dewasa sebagal manusia yang merdeka dan bernegara.

Kita tentu masih sama ingat, bahwa pada tanggal 17 Agustus 1945 tepat pukul 10.00 kemerdekaan  RI di proklamasikan dan dikumandangkan keseluruh penjuru dunia dari gedung Pegangsaan Timur  di Jakarta.

Para proklamator yang ketika itu mengumumkan naskah proklamasi adalah Bung Karno sebagai pembaca dan sebagai penanda tanganan naskah Proklamasi ialah Soekarno - Hatta yang bertindak atas nama bangsa Indonesia.

Dengan pernyataan tersebut bangsa kita telah menegaskan kepada dunia hal asasinya ialah Merdeka, dan dengan itu pula kemerdekaan Nasional telah dicapai.

Adalah jelas bahwa kemerdekaan itu sekali-kali bukan hadiah yang kita peroleh begitu saja, tapi hasil dari suatu perjuangan yang tak kenal lelah dan tak kenal menyerah dari bangsa kita dimulai dengan pertempuran-pertempuran oleh para pahlawan-pahlawan kita yang telah mendahuluinya, dan kemudian dilanjutkan dengan perjuangan melalui forum politik sampai pada akhirnya tercetuslah perjuangan fisik setelah proklamasi Kemerdekaan dicanangkan.

Kini ............. tahun telah lewat, liku-liku perjuangan kita lalui, dan sampailah kita pada saat pembangunan, baik pembangunan material maupun pembangunan di bidang seprituil.

Adalah menjadi kewajiban dan tanggung jawab kita bersama untuk tetap menjalankan api semangat perjuangan kita berjiwa '45, ialah  semangat 45 yang menggebu-gebu,  Semangat yang mendorong kita untuk berkorban demi kemerdekaan dan pembangunan negara sebagai usaha mengisi dan mewarnai kemerdekaan kita.

Kemakmuran tidak mungkin akan tercapai apabila kita tidak memperjuangkannya dengan semangat yang gigih dan tak kunjung padam.

Tak boleh kita lupakan bahwa kemerdekaan itu adalah karena rahmat dan ni'mat yang diberikan oleh Allah semata kepada segenap bangsa Indonesia. Tanpa ni'mat dan rahmat dari Allah, mustahil kemerdekaan kita akan tercapai.

Oleh karena itu kita sebagai warga negara Indonesia yang telah di warisi oleh para, pejuang yang telah mendahului kita hendaknya diisi dengan semangat membangun, semangat bekerja demi terciptanya suatu negara yang adil dan makmur di bawah naungan UUD '45 dan Pancasila.

Akhir kata, marilah kita sambut HUT Kemerdekaan kita yang ke ................. ini dengan penuh kegembiraan dan dengan semangat yang menyala-nyala.

Sekian dan terima kasih, semoga Allah swt melimpahkan karunia dan rahmat-Nya kepada seluruh bangsa lndonesia. Amin. 

Ihdinashshirobthol mustaqlirn. Wabillahit tauflq walhidayah wassalamu'alalkum wr. wb.

Oleh Drs. Maftuh Ahnan
 
Labels: Pidato Sambutan

Thanks for reading Pidato Sambutan Pada Hari Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus. Please share...!

0 Comment for "Pidato Sambutan Pada Hari Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus"

Back To Top