Contoh Pidato | Naskah Pidato | Teks Pidato | Tulis Pidato

Pidato Islami: Perjuangan Hidup

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, arrahmanirrahim maliki yaumid din, wa shalatu wassalamu ‘ala asyrafil anbiya’i wal mursalin sayyidina wa maulana Muhammadin khatamin Nabiyyina wa imamil mursalin, wa ‘ala alihi thahiriina wa shahabatihi ajma’in, amma ba’du.

Yang terhormat pembawa acara
Yang terhormat para pembicara
Dan saudara-saudari sekalian.


Pertama, marilah kita panjatkan rasa syukur kehadirat Allah swt segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, yang telah menciptakan segala sesuatu yang ada di dunia ini. Dia yang telah memberikan hidayah dan petunjuk-Nya kepada kita semua, sehinga kita dapat menghadiri  pertemuan di tempat ini.

Kedua kalinya shalawat  dan salam mudah-mudahan tetap atas junjungan kita Nabi Muhammad saw yang telah menunjukkan jiwa kita dari sifat yang tercela menuju sifat yang baik, dan yang telah mengeluarkan kita dari kegelapan kekafiran, menuju cahaya yang terang benderang, yaitu agama Islam.

Ketiga kalinya, tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih kepada saudara protokol, yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato di hadapan saudara-saudara sekalian. Saya berdiri di hadapan hadirin sekalian akan menyampaikan pidato dengan tema: "PERJUANGAN HIDUP".

"Dari Abdullah bin Mas'ud ra. ia bertanya: 'Apakah amal yang paling dicintai oleh Allah?' Nabi menjawab: 'Shalat tepat waktu.' Lalu aku (Ibnu Mas'ud  bertanya: "Kemudian amal apa lagi?' Beliau menjawab: 

“Berbakti kepada kedua ibu bapak.’ Aku bertanya lagi: selanjutnya apa lagi?’ Beliau menjawab: Jihad di jalan Allah.”

Menurut hadis ini, kita sebagai orang Islam harus menjalankan tiga pekerjaan  yang paling disenangi oleh Allah, yaitu: Shalat tepat pada waktunya, berbakti kepada kedua orang tua, dan berjuang di jalan Allah.

Kita sebagai ciptaan Allah, harus mengabdikan diri kepada-Nya, dengan  cara menjalankan shalat tepat pada waktunya, dan mengerjakan semua kewajiban kita yang telah ditetapkan oleh Allah.  Islam melarang kepada umatnya bermalas-malasan, tidak mau bekerja, dan hanya menantikan   keajaiban yang datang dari langit. Tetapi Islam mengajarkan kepada kita giat berusaha untuk memenuhi kebutuhan kita untuk mencari ridha Allah. Allah akan memberikan pertolongan kepada  kita, jika kita mau menjalankan semua perintah-Nya, seperti shalat dan mengerjakan kewajiban-kewajiban yang lain.

Di samping melakukan shalat tepat waktu, kita wajib taat kepada kedua orang tua. Nabi Muhammad saw bersabda: "Keridhaan Allah tergantung keridhaan kedua orang tua, dan kemurkaan Allah tergantung kemurkaan kedua orang tua.”

Menurut hadis ini, kita wajib taat kepada  kedua orang tua kita apabila mereka menyuruh kita untuk melakukan sesuatu, asalkan tidak pada kemaksiatan. Sebab  merekalah yang  mendidik kita sejak kecil hingga kita dewasa.

Ibu yang telah melahirkan kita di dunia ini, dan bapak yang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk biaya sekolah dan kebutuhan kita setiap hari. Kita dapat belajar di sekolah, kita mendapat berbagai macam ilmu pengetahuan dan dicukupi segalakebutuhan hidup kita. Karena itu, tentu saja kita harus taat kepadanya, asalkan tidak untuk berbuat maksiat kepada Allah.

Akhirnya, kita harus berjuang dalam hidup kita. Karena dengan perjuangan, kita akan mendapatkan keberuntungan. Orang yang tidak berjuang dalam hidupnya bagaikan orang mati. Oleh karera itu, marilah kita berjuang di mana dan kapan saja demi agama kita, untuk sekolahan, dan untuk negara kita tercinta dengan disertai mengharap rahmat dan ridha dari Allah yang Maha Kuasa.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan lewat pidato singkat ini, apabila ada kurang lebihnya, kesalahan dan kekurangannya, sebagai manusia biasa, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhirnya,

Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

Oleh :
Drs. Moh. Syamsi Hasan
Drs. Moh. Amer Nasihin
Moh. Toha Munir, S.Hum
 
Labels: Pidato Keagamaan

Thanks for reading Pidato Islami: Perjuangan Hidup. Please share...!

1 Comment for "Pidato Islami: Perjuangan Hidup"

Pidatonya keren, dan mudah dipahami

Back To Top