Contoh Pidato | Naskah Pidato | Teks Pidato | Tulis Pidato

Pidato Islami: Tantangan Islam

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Alhamdulillah wa syukrulillah wa sholatu wa sallamu ‘ala rasulillah sayyidina wamaulana Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa mawwalah, amma ba’dah.

Yang terhormat dewan guru
Yang terhormat pembawa acara
Hadirin dan hadirat yang saya cintai.

Sebelum saya berbicara banyak di hadapan saudara sekalian, pertama-tama, marilah kita memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan nikmat-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat bertemu ditempat yang megah ini tanpa halangan suatu apapun.


Shalawat dan salam mudah-mudahan tetap atas junjungan Nabi kita yang agung Muhammad saw yang  telah membebaskan kita dari belenggu kegelapan kejahiliyaan menuju suasana yang penuh cahaya Ilahi. Sehingga kita dapat membedakan antara yang benar dan yang batil.

Selanjutnya tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih kepada saudara protokol yang telah memberi  kesempatan kepada saya untuk berbicra di hadapan saudara-saudara sekalian. Pada kesempatan   ini, saya akan berbicara dengan mengambil tema: "TANTANGAN ISLAM.”

Saudara sekalian yang dirahmati Allah.

Kita tahu berbagai statemen, dari media elektronik baik dari radio, televisi, surat kabar, tentang berbagai macam tantangan Islam, Kenapa masyarakat Islam selalu ketinggalan saat ini? Baik dari segi ekonomi, politik, sains dan teknologi.

Sesungguhnya orang Islam pernah mengalami kemajuan, ketika itu mereka bersatu sehingga dapat membawa Agama Islam maju dalam kurun waktu sekitar 7 abad. Kenapa sekarang masyarakat Islam tidak dapat bersatu? Kalau dahulu orang Islam dapat mengembangkan pendidikan Islam, dan dapat menjalin persudaraan Islam, kenapa  sekarang kita tidak bisa? Untuk  membangkitkan semangat,  kita bisa membandingkan sumber daya Islam tempo dulu denga yang ada pada saat ini. Kita akan tahu bahwa sumber daya Islam waktu itu sungguh luar biasa, sehingga dapat mencapai kejayaan dan zaman keemasan.

Saudaraku seiman dan seagama.

Kita harus sadar, bahwa untuk memajukan agama, kita harus siap menghadapi berbagai macam tantangan, jika tidak kita akan tergilas dan tertingal. Kita harus rnengajarkan semua pendidikan Islam, dan membawa Islam kemanapun, sekalipun ke luar negara Islam.Kita dituntut untuk dapat memberikan pemahaman tentang Islam secara benar dan kaaffah (total). Untuk merealisasikan ide ini perlu diadakan konsolidasi lewat organisasi, seperti organisasi kepemudaan dan lainya, dengan mengenalkan simbol-simbol Islam contohnya kalimat Insyaa Allah, Masya Allah, Alhamdulillah, Assalaamu'alaikum, Allahu Akbar dan lain sebagainya. Memberikan semangat jihad Islam terhadap kaum muslimin, serta mengembangkan pengajaran Islam dalam setiap sektor kehidupan.

Jika kita merealisasikan beberapa teori tersebut di atas, tidak menutup kemungkinan kita akan menghadapi berbagai ancaman dan tantangan, seperti komunisme, kapitalisme, dan sekulerisme.
Kaum muslimin yang berbahagia.

Tidak perlu khawatir dan risau, tinggalkan kamar tidurmu, singsingkan lengan bajumu, untuk mengembangkan pengajaran Islam, aktivitas keislaman lainnya. Kita harus tahu bahwa perkembangan Islam berada di tangan kita sebagai kaum muslim.

Nabi saw besabda: "Islam adalah tinggi dan tidak ada yang mengunggulinya."

Lslam memang merupakan agama yang tinggi dan yang diridhai oleh Allah. Pada masa periode Nabi Muhammad saw dalam perkembangan pesat, karena beliau mengajarkan Islam dengan serius dan selalu mengamalkan ajaran Islam dengan sempurna. 

Untuk menjunjung  tinggi  Agama Islam dapat dilakukan dengan memajukan sistem pengajaran Islam, dan ceramah Islam dalam berbagai sektor kehidupan dan tetap menjaga kemurnian Islam, menghadang berbagai ancaman yang akan menghancurkan Islam.

Yakinlah saudara-saudari sekalian, jika ada orang yang mau menghilangkan Islam, dia tidak akan pernah bisa, karena Islam adalah agama yang paling benar di sisi Allah dan yang diridhai­Nya. Akhirnya mari kita berdoa kepada Allah Yang Maha kuasa, mudah-mudahan kita dapat melaksanakan ajaran Islam secara benar dan konsiten demi kejayaan Islam dan kaum muslimin. 

Akhirul  kalam, Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

Oleh
Drs. Moh. Syamsi Hasan
Drs. Moh. Amer Nasihin
Moh. Toha Munir, S.Hum
Labels: Pidato Keagamaan

Thanks for reading Pidato Islami: Tantangan Islam. Please share...!

0 Comment for "Pidato Islami: Tantangan Islam"

Back To Top