Contoh Pidato | Naskah Pidato | Teks Pidato | Tulis Pidato

Pidato Islami: Islam Dalam Tantangan Zaman

Baca Pidato ~ Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, arrahmanirrahim maliki yaumid din, wa shalatu wassalamu ‘ala asyrafil anbiya’i wal mursalin sayyidina wa maulana Muhammadin khatamin Nabiyyina wa imamil mursalin, wa ‘ala alihi thahiriina wa shahabatihi ajma’in, amma ba’du.

 
Yang ternormat para alim ulama.

Yang terhormat bapak dan Ibu guru.

Dan para pendengar yang saya cintai.

Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi Maha penyayang, hanya  kepada-Nya kita memuja, dan hanya kepada-Nya kita meminta pertolongan.

Terima kasih saya sampaikan kepada saudara pimpinan, yang dengan penuh ramah telah memberi kesempatan kepada saya, untuk berbicara di hadapan saudara-saudara sekalian. Saya berdiri di sini akan berbicara singkat, dengan mengambil judul: "ISLAM DALAM TANTANGAN ZAMAN".

Jika kita membuka sejarah Islam pada  masa jahiliyah, bunuh membunuh merupakan suatu hal  yang  biasa. Tidak ada rasa kemanusiaan dan kesatuan antar mereka. Perbudakan adalah suatu yang telah  mengakar di antara mereka. Karakter mereka pada zaman itu seperti anak laki laki yang masuk ke dalam kegelapan, di dalam suatu jalan berlumpur,  tidak ada lampu dan tanpa tongkat untuk meniti  jalan.

Lalu Allah memilih Muhammad saw untuk menjadi Nabi-Nya, supaya memandu  semua manusia  di dunia ini. Allah memiliki kitab yang agung yaitu Al Qur'an, yang menjadi sumber pengetahuan, hukum, dan cara hidup di dunia.

Nabi Muhammad tidak pernah berhenti  dalam menyebarkan ajaran Islam, meskipun mendapatkan  berbagai cobaan dan rintangan yang sangat berat. Beliau hanya hidup enam puluh tiga tahun, tetapi mempunyai keberhasilan yang sangat mengagumkan. Beliau wafat setelah berhasil mengubah dunia dari gelap gulita kekafiran menuju cahaya kebenaran, yaitu agama Islam.

Saudara-saudara sekalian yang berbuhagia.

Pada zaman keemasan Islam muncul Dinasti Abbasyyah, di mana  orang bisa hidup  dengan  damai  dan sejahtera. Tidak ada perbedaan antara yang satu dan lainnya, berbagai hal dan urusan sosial berjalan lancar dan mereka bisa menyebarkan ajaran Islam ke Eropa. Tetapi setelah Dinasti Abbasyyah,  secara perlahan Islam mengalami kemunduran dan  masa-masa suram.

Pada abad kedua puluh ini, semua orang Islam seluruh dunia timbul dari deklinasi besar mereka, dan semangat Islam yang telah hilang akan menyala lagi  untuk mendapat keagungan, hingga kita melihat kebangkitan Islam muncul di berbagai tempat, seperti di Amerika, walaupun Islam di bawah   pengawasan zionisme. Di Thailand walaupun Islam  di bawah pengawasan yurisdiksi Budisme. Di Filipina, walaupun Islam  di bawah pengawasan pemerintahan Arroyo dan seterusnya. Tetapi Islam terus menggeliat bangkit, tumbuh  pesat.

Di negeri  kita Indonesia tercinta,  Islam juga terus bangkit berkembang pesat, di mana-mana, masjid-masjid penuh dengan jama'ah yang melakukan kajian-kajian keislaman. Dan wanita­wanita  pemakai jilbab ada di mana-mana, dan bukan merupakan pemandangan yang aneh lagi. Sebab  mereka mulai  memahami, hal  itu adalah suatu  kewajiban,  demi  untuk   mematuhi   aturan dan  hukum Islam.

Kita sebagai santri dan generasi muda Islam, harus mendekati mereka dan kita harus memberi  mereka semangat untuk memperdalam  hukum  Islam dan mengamalkan ajaran-ajarannya hingga tercipta "Baldatun Toyyibatun wa Rabbun Ghafuur".

Mari kita gunakan masa-masa muda kita ini dengan berbagai aktivitas keislaman dan amal saleh baik yang berdimensi ibadah ritual mahdhah maupun kesalehan yang berdimensi sosial kemasyarakatan. 

Demikianlah, kiranya uraian pidato secara singkat dari saya. Apabila ada kesalahan sebagai manusia  biasa, saya mohon maaf yang sebanyak-banyaknya, akhirul kalam. Billahit taufik walhidayah, Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

Oleh :
Drs. Moh. Syamsi Hasan
Drs. Moh. Amer Nasihin
Moh. Toha Munir, S.Hum
 
Labels: Pidato Keagamaan

Thanks for reading Pidato Islami: Islam Dalam Tantangan Zaman. Please share...!

1 Comment for "Pidato Islami: Islam Dalam Tantangan Zaman"

Back To Top